Sabtu, 01 Desember 2012

agama semeter 1


Agama Semester 1
Berlomba-lomba dalam Kehidupan
Agama islam adalah agama yang syamil mutakamil(sempurna dan komprehensif) mencakup seluruh aspek kehidupan. Ajaran islam mencakup pola hubungan manusia dengan rabbnya yaitu allah Swt.(hablun minallah), hubungan manusia dengan sesama (hablun minnannas), dan hubungan manusia dengan alam sekitar.
    A.    Q.S.Al-baqarah Ayat 148


Al-qur’an surah al- baqarah [2] Aayat 148 menerangkan bahwa allah telah menentukan kiblat bagi tiap-tiap kaum, mereka menghadap kearahnya dalam menunaikan ibadah dan perintah allah agar manusia berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan.
Arti dari surat al-baqqrah:
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) ytang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan dimana saja kamu berada kamju pasti akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya allah mahakuasa atas segala sesuatu.
Isi kandungan Q.S.al-baqarah [2]:148
a.       Allah Swt.telah menetapkan kiblat bagi tiap-tiap umat agar mereka menghadap ke arahnya dalam menunaikan ibadah-ibadah yang telah ditentukan dalam syariat islam.
b.      Perintah allah kepada manusia agar belomba-lomba dalam melakukan kebaikan sebagai bekal menuju kehidupan yang abadi di akhirat kelak, Pada hari kiamat kelak, allah akan mengumpulkan manusia di padang mahsyar untuk menghisab amaln mereka selama hidup di dunia, baik dan burknya.
c.       Allah mahakuasa atas segala sesuatu. Semua kejadian yang ada di dunia dan di akhirat terjadi atas kuasa-Nya.
    B.     S.Q.Fatir [35] Ayat 32



Al-qur’an surah Fatir [35] ayat 32 berisi tentang kualitas seseorang dalam menerima ajaran Al-Qur’an kaitannya dengan amal perbuatan sehari-hari.
            Arti dari surah Fatir:
Kemudian kami warikan kitab (Al-Qur’an) kepada orang-orang yang kami pilih dari hamba-hamba kami, lalu diantara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin allha. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.
Isi kandungan Q.S. Fatir [35] 32
     a.      Allah Swt.telah mewariskan (menurunkan) Al-Qur’an kepada nabi muhammad saw.untuk disampaikan    kepada umatnya sebagai pedoman hidup mereka di dunia.
    b.      Terdapat tiga tingkatan orang mukmin dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an,sebagai berikut.
1)                                    Orang yang menganiaya diri sendiri, yaitu orang yang mengamalkan ajaran Al-Qur’an akan tetapi masih mengikuti hawa nafsu.                                    
2)                                    Orang yang mengamalkan ajaran Al-Qur’an akan tetapi sekali waktu bermaksiat kepada allah Swt.
3)                                    Orang yang berlomba dalam kebaikan, yaitu orang yang berbuat baik secara terus-menerus dan memiliki amal baik lebih besar dari amal buruknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar