Minggu, 02 Desember 2012

Sejarah Semester 1


Sejarah Semester 1
PERKEMBANGAN AGAMA HINDU DAN BUDDHA
           A.    Agama Hindu

Agama hindu adalah menurut arti katanya adalah trimurti.Berarti tiga badan yang maksudnya adalah dewa tertinggi yang disembah oleh umat hindu.Dewa-dewa tersebut yaitu,dewa brahma,sebagai pencipta yang di gambarkan memiliki empat kepala,Dewa wisnu,sebagai pemelihara ,Dewa syiwa,sebagai pembinasa.
     Kitab-kitab suci hindu yaitu:
·         Rigweda berisi syair pujian terhadap para dewa.
·         Samaweda berisi syair dan nyanyian dalam upacara
·         Yayurweda yang berisi doa-doa untuk pengantar sesaji
·         Atharwaweda berisi mantra-mantra dan jampi-jampi sihir dan ilmu gaib untuk menyembuhkan penyakit, mengusir para musuh, memperoleh kedudukan, dan sebagainya.
Ajaran hindu mengajarkan bahwa hidup didunia ini sengsara, yang disebabkan oleh perbuatan kurang baik (karma)contohnya seperti, lepas dari samsara atau meninggalkan badan jasmaninya.Struktur jasmani masyarakat sosial hindu untuk menghindari percampuran darah antara orang-orang arya dengan orang-orang dravida,maka diciptakan stratifikasi masyarakat seperti,kasta brahmana,kasta ksatria,kasta waisya,kasta saudara.
            B.     Perkembangan agama budha
Agama budha diajarkan oleh sidharta, putra raja sudhodhana dari kerajaan kapilawastu.peristiwa kelahiran,menerima penerangan agung dan kematiannya terjadi pada tanggal yang bersamaan,yaitu pada waktu bulan purnama dalam bulan mei.kitab suci agama budha agama budha yaitu,winayapatika,sutrantapitaka, abhidarmapitaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar