Senin, 03 Desember 2012

Tik semeter 2


TIK kelas XI IPA semester 2
 
Mengenal internet

            Interconnected Network atau biasa disebut internet dapat dijelaskan dari 3 sudut pandang yaitu sebagai beriut.
1.      Dari sudut pandang teknis internet adalah sebuah sisitem jaringan komputer globlal yag menghubngkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputerdi seluruh dunia, yang berinteraksi dan berkomunikasi. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak lagsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan IP address 32 bit.
2.      Dari sudut pandang ilmu pengetahuan internet merupakan sebuah perpustakaan terbesar yang di dalamnya terdapat jutaan/milyaran informasi atau data yang berbentuk teks, grafik, audio, animasi, da lain-lain dalam bentuk media elektronik.
3.      Dari sudut pandang komunikasi internet merupakan media komunikasi yang bekerja dengan cepat, efektif, dan efisien untuk melakukan perputaran informasi.
      Dengan fasilitas internet data-data bisa disimpan, diambil, dan dikirimkan secara mudah ke seluruh penjuru dunia. Adapun manfaat internet secara garis besar, adalah sebagai berikut.
1.      Sebagai alat komunikasi yang bekerja sangat cepat
Dengan menggunakan internet komunikasi dapat dilakukan kemana saja dengan cepat. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang jauh dengan email, atau berdiskusi melalui chatting maupun mailing list.
2.      Sebagai alat mengakses informasi
Melalui internet informasi yang sederhana hingga informasi yang aktual dapat diakses dengan cepat. Anda cukup i depan komputer dan anda sudah dapat mengakses berbagai referensi buku tanpa harus ke perustakaan, dapat mengakses berita ekonomi, olahraga, politik, dapat berbelanja (e-commerce), dan lain-lain. Selain mengambil informasi anda juga dapat mengirimkan informasi atau data. Kegiatan ini dinamakan mengunduh (download) dan mengunggah (upload).
3.      Sebagai sarana pendidikan/pembelajaran
Perkembangan teknologi Internet yang pesat merambah ke segala bidang, salah satunya bidang pendidikan (e-learning). Telah banyak diciptakan aplikasi yang dapat menunjang upaya peningkatan mutu pendidikan/pembelajaran. Berikut ini beberapa keuntungan pembelajaran elektronik melalui internet.
a.       Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur
b.      Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja
c.       Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas
d.      Mempermudah penyempurnaan dan peyimpanan materi pembelajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar