Sabtu, 01 Desember 2012

tik(teknologi informasi komputer) semester 1


TIK (Teknologi Informasi Komputer) Semester 1
Perangkat Lunak Membangun Internet
   A.    Sejarah Internet
pada awalnya internet merupakan suatu jaringan komputer yang di bentuk oleh Departemen pertahanan Amerika di awal tahun enam puluhan, melalui proyek ARPA (Advanced Reseach Project Agency) yang di sebut ARPANET. Proyek ARPANET merancang bentuk protokol baru.pada tanggal 5 Desember 1969,ada dua jaringan.
   B.     Perangkat Keras untuk Akses Internet
Perangkat keras yang di butuhkan untuk menghubungkan komputer atau ke jaringan komputer ke  internet, antara lain yaitu satu unit komputer, modem, network interface carl ethernet card, hub atau concentrator, repeater,bridge, dan router.
1.      Komputer
Sebuah unit komputer yang baik sangat di perlukan untuk berhubungan ke jaringan internet.
2.      Modem
Modem (singkatan dari modulator-demodulator) adalah alat yang akan memasukkan (memodulasi) informasi digital (berisi bit “1” dan “0”) ke sinyal pembawa yang sifatnya analog (pada kecepatan rendah berbentuk sinyal suara), dan juga mengambil informasi yang dikirim dari sinyal pembawa. Menurut bentuk dan pemasangannya modem terbagi menjadi  yaitu,
a.       Modem internal yaitu, modem yang letaknya menyatu  didalam CPU komputer.
b.      Modem eksternal yaitu modem yang letaknya di luar komputer dan untuk menghubungkan komputer dengan digumnakan kabel sambungan. Berdasarkan kecepatan informasi modem dapat dibedakan yaitu,modem dial-up, modem ADSL, modem ISDN, modem 3G, USB Wifi.
   C.    Perangkat Lunak untuk Akses Internet
Web browswer adalah perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan gambar, tulisan, video ,musik, dan berbagai informasi lainnya. Ada beberapa web browswer yang dapat kita gunakan, antara lain Mozila Firefox, Safari, konqueror, Opera , Google Chrome dan lain-lain.
a.       Web browswer for Windows yaitu, web browswer yang bisa diinstal.
b.      Web browswer for linux yaitu, web browswer yang bisa diinstal dan di gunakan pada OS Linux.
c.       Web Browswer for Mobile, artinya browswer yang khusus digunakan pada perangkat mobile seperti : PDA, HP, dan sejenisnya.
    D.    Jaringan
1.      Jenis-jenis jaringan
Pada mulanya jaringan komputer dilakukan pada jarinagn yang sangat terbatas yaitu dengan menggunakan dua komputer.
Secara umum jaringan komputer dibagi menjadi lima jenis, yaitu Local Area Network(LAN), Metropolitan Area Network(MAN), Wide Area Network(WAN),internet,dan jaringan tanpa kabel.
2.      Komputer jaringan
Komponen jaringan tersusun dari beberapa elmen dasar yaitu, PC Server, PC Client, Network Interface Card (NIC), NIC, Kabel,Router,Repeater,hub,Bridge, Switch.
Kabel terbagi menjadi 4 bagian yaitu, kabel Coaxial, KabelUTP, Fiber optic, Konektor RJ-45.
3.      Topologi jaringan
Topologi jarinagan adalah cara bagaimana cara komputer terhubung dalam suatu jaringan. Jaringan terbagi menjadi 6 yaitu, Bus, Ring, Star, Tree/Mesh Daisy–chai/Loop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar